OGANILIR KritisIndonesia.com,-Festival Burai Tahun 2022 dibuka langsung oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan Aufa Syahrizal yang juga Mantan Plt.Bupati Kabupaten Ogan Ilir. Festival seni budaya Burai adalah festival terbesar di Ogan Ilir,festival ini digelarĀ  guna untuk mengenalkan potensi potensi kearifan lokal yang ada di desa tersebut.

Mantan Plt.Bupati OI Auta Syahrizal sangat mengapresiasi event ini sebagai salah satu menuju kebangkitan UMKN pasca pandemi covid 19. Desa Ekowisata Burai merupakan upaya kebangkitan dari keterpurukan ekonomi setelah dijotos pandemi covid 19 yang lalu.”ujar Aufa didampingi wabun H.Ardani.”

Aufa menyebut keberadaan desa wisata di Sumatera Selatan seperti Burai dapat mengakomodir para pelaku usaha terutama warga sekitar.

Sektor Ekonomi pariwisata kebudayaan yang terlibat dalam Festival Burai yang diadakan di desa Ekowisata ini, sektor ini adalah bagian dari UMKM yang menjadi hidup, Bak gayung bersambut pembukaan Festival Burai juga kedatangan tamu wisatawan mancanegara yang tergabung dalam diskusi Indonesia Malaysia Thailand Growth Tri angle (IMT-GT).

Jadi Festival Burai ini merupakan momen kebangkitkan ekonomi dan pariwisata di Sumatera Selatan khususnya untuk ogan ilir,”ungkap Kadis Pariwisata Sumsel Aufa Syahrizal.”

Sementara Wabub OI H.Ardani sangat mengapresiasi sekali festipal burai ini dan sangat membantu Pemkab OI dalam membangkitkan UMKN di Bumi Caram Seguguk yang terpuruk dari pasca pandemi covid 19.”uvapnya”.

Lanjutnya berharap, Mulai sekarang mari kita membangkitkan dan menggairahkan UMKN di Kabupaten Ogan Ilir ,apalagi di festipal desa ekowisata burai ini yang menonjolkan kearifan lokal desa dan banyak kuliner yang disajikan oleh UMKN untuk memeriahkan festipal burai, semoga festifal burai dimasa yang akan datang lebih meriah lagi dan banyak pelaku pelaku UMKM yang ikut serta dalam festipal burai mendatang.

Selamat dan sukses atas terselenggaranya even Festipal Desa Ekowisata Burai ini semoga ini menjadi pemicu desa desa yang lainnya di kabupaten ogan ilir ini.”ungkap H.Ardani”.

Kepala Desa Burai Erik Asrillah mengatakan, festipal Burai yang pertama ini mengambil jargon “Sorak soral Burai”, yang berlangsung mulai tanggal 25 hingga 27 November mendatang.”ucapnya”.

Festival seni budaya menjadi pilihan Festival Burai 2022 dengan konep yang dipilih Kesenian Dan Kebudayaan Merupakan Kekuatan Dari Desa Burai Sebagai Destinasi Desa Ekowisata

Saya berharap dengan digelarnya festival ini dapat mendongkrak daya tarik pariwisata yang ada di kabupaten ogan ilir, selain itu juga festipal desa burai ini dapat memancing desa desa yang ada diwilayah bumi caram seguguk dapat tumbuh dan menggali potensi potensi yang ada di desa masing masing guna membangkitkan keterpurukan UMKN pasca pandemi covid 19 agar bangki kembali untuk mensejahterakan masyarakat bumi caram seguguk khususnya desa kita masing masing .”harap Erik”.

Untuk mencapai target pariwisata burai yang semakin masyhur memerlukan peran serta semua elemen baik dari masyarakat maupun dari Pemkab Ogan Ilir  khususnya, kami sangat berharap sekali dukungan dan perhatian dari Pemerintah  Kabupaten Ogan Ilir maupun Pemerintah Provinsi Sumsel untuk terus mengalir secara rutin dan terus menerus karena Desa Burai telah membawa harum nama Kabupaten Ogan Ilir dan umumnya Provinsi Sumatera Selata.”ungkap  Erik (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here