OGANILIR KritisIndonesia.com,- Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa serentak yang dilaksanakan Dinas PMD Kabupaten Ogan Ilir Tahun 2022 yang baru saja selesai dilaksanakan dan untuk Gelombang I dilaksanakan sebanyak 172 desa dari 227 desa  yang ada di ogan ilir jadi hampir 78 persen pilkades serentak usai dilaksanakan dengan sukses.

Menurut Kadin PMD OI Ahmad Lutfi menjelaskan, adapun rangkaian tahapan pilkades secara keseluruhan yang di mulai dari tahap Launching  pelaksanaanya cukup meriah dan berkesan, yang juga dihadiri seluruh elemen masyarakat, baik itu FORKOPIMDA maupun unsur Pemerintahan Desa dan tokoh masyarakat.”jelasnya”.

Lanjutnya menjelaskan, untuk tahap penjaringan dan penyaringan juga terbilang sukses, karena partisipasi bakal calon kades menghasilkan 588 orang bakal calon kepala desa se kabupaten ogan ilir untuk 172 desa.

Selanjutnya ada tahapan seleksi bakal calon kades, kita langsung bekerjasama dengan lembaga independen seperti BALITEK SRIWIJAYA, ini yang pertama kali untuk seluruh Kabupaten se Sumsel sebagaimana yang disampaikan Oleh Kepala Dinas Provinsi Sumatera Selatan Bapak Nelson.”ungkap lutfi”.

Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar mengatakan, benar pilkades yang kita laksanakan belum lama ini terbaik di indonesia ini berdasarkan hasil rapat dan dari DPMD, Kabupaten OI dari jumlah yang banyak signifikan dapat mensukseskan Pilkades serentak tanpa halangan yang berarti dan dapat melantik sebanyak 172 Kades terpilih dengan aman terkendali tanpa halangan apapun.”ungkap PWA.”

Kepala Dinas PMD Kabupaten OI melalui Kepala Bidang Pemerintahan Desa Hj. Susi Primasari mengatakan,pelaksanaan pemilihan yang dilaksanakan tanggal 15 Oktober 2022 yang lalu dapat dikatakan sukses secara keseluruhan dan tidak ada kendala yang berarti.”ucapnya”.

Lanjutnya menyampaikan, pilkades serentak yang telah kita laksanakan belum lama ini sudah menghasilkan kepala desa terpilih ini merupakan hasil dari pelaksanaan demokrasi di tataran desa yang sesungguhnya.

Sementara juga data pembanding bahwa pelaksanaan Bimbingan teknis bagi Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang merupakan rangakaian tahapan pilkades tahun 2022 juga berlangsung sukses karena menghasilkan pemahaman yang baik bagi personal petugas PPS yang ada di desa masing masing di 172 desa yang menggelar Pilkades se kabupaten ogan ilir

Yang jelas Data Pilkades Serentak Tahun 2022 ini tidak menghasilkan Kasus Suara Draw atau Seri seperti pada tahun sebelumnya pilkades ada yang seri atau drau.”ungkap Hj Susi Primasari.”

Sementara Ilham Bayumi salah satu panitia pilkades di kecamatan indralaya saat dimintai keterangannya  mengatakan, pilkades serentak tahun 2022 yang dilaksanakan Dinas PMD Kabupaten OI sangat sukses bisa dikatakan sangat berhasil.”ucapnya”.

Lanjutnya mengatakan, kami selaku panitia pilkades di desa masing masing sebelum melaksanakan tugas sebagai panitia pilkades kami diberikan Bintek terlebih dahulu artinya kami sudah dibekali ilmu pengetahuan tentang pilkades serentak tahun 2022 ini.

Ini sangat bermanfaat sekali dan kami juga melaksanakan tugas pada pilkades yang belum lama ini kita laksanakan berpegang dengan aturan yang berlaku sesuai apa yang kami Bintek tempo hari.

Untuk perbandingan pilkades serentak tahun 2022 ini yang baru saja kila laksanakan, animo masyarakat pemilih sangat meningkat dibandingkan pilkades sebelumnya, karna apa tingkat animo warga desa pemilih sangat besar meningkat karna secara tehnis tidak ada pengumpulan massa yang sangat signifikan dari calon calon kades, pilkades serentak seperti inilah yang dikehendaki masyarakat desa aman terkendali dan sukses.

Mudah mudahan kedepannya pilkades serentak tetap dipertahankan dan lebih maju lagi harapan saya.”ungkap mantan kades ini.”(Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here