PALEMBANG KritisIndonesia.com, – Beredarnya kabar adanya pemotongan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang dilakukan oleh diknas Propinsi Sumsel terhadap Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di seluruh Sumsel dibantah keras oleh Ketua MKKS Sumsel Rafli.

Tidak benar ada pemotongan dana BOS yang dikoordinir oleh MKKS Sumsel, saya ketuanya dan saya tidak pernah ada menerima maupun memotong dana BOS seperti yang kamu konfirmasikan,” kata Rafli saat dikonfirmasi via ponselnya, Kamis, (13/6/2024) malam.

Dijelaskan Rafli, saat ini dirinya tengah berada di Jakarta dalam rangka mengikuti kegiatan Diklat. Menurutnya, kalau ada yang mengatakan hari ini ada yang mengirim dana BOS untuk jatah MKKS itu jelas fitnah.

Saat ini saya sedang berada di Jakarta mengikuti Diklat, kalau ada informasi yang menyebut MKKS menerima dana yang dimaksud, jelas itu berita bohong dan tidak mendasar,” katanya.

Sementara itu, berdasarkan informasi yang didapat dari sumber sejumlah SMK di kabupaten Muba menyebutkan, adanya pemotongan dana BOS oleh Diknas propinsi sebesar Rp.5.000/siswa. Jika sekolah mempunyai 500 siswa, sekolah ybs harus menyetorkan uang sekitar Rp.2.500.000 dan ditambah Rp.500.000 per sekolah.

Dana itu harus disetor setiap pencarian dana BOS dan berlaku seluruh sekolah menengah Kejuruan negeri di Sumsel. Disinyalir, setoran dari sekolah dikoordinator oleh MKKS Kabupaten/Kota kemudian diserahkan ke MKKS Provinsi secara kolektif.

Diknas meminta Rp.5.000/siswa. Jika sekolah mempunyai 500 siswa, sekolah ybs harus menyetorkan uang sekitar ditambah Rp.2.500.000 ditambah Rp.500.000 per sekolah setiap setelah pencarian dana boss dan berlaku seluruh sekolah menengah negeri di Sumsel. Setoran itu dikoordinir oleh MKKS kabupaten/ kota dan kemudian diserahkan ke MKKS Provinsi yang selanjutnya disetor ke diknas propinsi.

Kami pihak sekolah tidak punya pilihan lain karena Diknas Sumsel mengancam akan mempersulit laporan pertanggung jawaban sekolah jika tidak mengikuti keinginan oknum ini,” kata salah satu sumber ini. (Tim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here