OGANILIR KritisIndonesia.COM,- Warga dua Kecamatan seperti Kecamatan Indralaya Utara Desa Palemraya dan Kecamatan Payaraman Desa Tempedak I mendapat ganti untung yang dilaksanakan oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Ogan Ilir terkait lahan bebas proyek jalan tol simpang indralaya – prabumulih (Indraprabu), hari kamis(19/8).

Manatar Pasaribu Kepala Kantor Wilayah BPN Ogan Ilir dikonfirmasi awak media menjelaskan, pihaknya bersama perwakilan Kementerian PUPR menyerahkan 28 bidang tanah ganti untung.”ucapnya”.

Selanjutnya menjelaskan, kegiatan yang kita lakukan pada hari ini adalah untuk penyerahan pembayaran uang ganti untung  sebanyak 28 bidang tanah kepada warga yang lahannya terkena proyek jalan tol.”jelasnya”.

Jadi lahan warga pada tahap II ini sebanyak 28 bidang tanah yang diberikan ganti untung, untuk 27 bidang tanah berada di Desa Tebedak I Kecamatan Payaraman dan satu bidang berada di Desa Palemraya Kecamatan Indralaya Utara. 

Sedangkan untuk ganti untung bidang tanah di Desa Tebedak I ini merupakan gelombang pertama dan untuk desa Palem Raya merupakan gelombang kesekian kalinya. 
Untuk pembayaran ganti untung selanjutnya BPN Ogan Ilir akan segera menuntaskan. 

Bagi warga yang lahannya terkena pembangunan jalan tol sudah bisa dibayarkan dan akan diproses, namun bagi yang belum bisa dibayarkan kami minta untuk melengkapi persyaratan dokumen,” kata Manatar. 

Untuk dapat mencairkan ganti untung ini tersebut warga yang lahannya terkena proyek tol harus melengkapi persyaratan diantaranya lembar asli surat bukti kepemilikan tanah kemudian persyaratan lainnya harus menunjukkan KTP dan KK yang asli. Tujuannya agar jangan ada penyalahgunaan administrasi yang terkait dengan kepemilikan tanah tersebut. 

Misalnya ada warga tanahnya dapat warisan dan suratnya belum di terima maka kami minta untuk dilengkapi dokumen surat tanahnya. Kalau persyaratan semuanya valid maka pihak kita BPN akan mengajukan dana untuk pembayaran ganti untung ke pusat. Sementara untuk pembayaran tahap berikutnya ada sebagian tinggal tunggu pencairannya dari pusat,” terang Manatar. 

Saya berpesan Kepada warga yang menerima ganti untung agar uang yang diterima dapat dimanfaatkan sebaik-sebaiknya,bisa untuk membeli lahan dan hunian baru, biaya sekolah anak dan jangan dipakai dulu untuk membeli mobil dan pesta mewah nikahan anak.”ungkap Manatar wanita cantik berkacamata ini”. 

Sementara Tasman Hidayat PPK Pengadaan Lahan Tol Indrapura Kementrian PUPR RI menjelsakan,untuk jumlah uang yang dibayarkan untuk ganti untung lahan warga yang terkena pembangunan jalan tol indrapura sebesar Rp 7,9 miliar.”ucapnya”. 

Jadi untuk total yang dibayarkan untuk ganti untung warga sebanyak 28 bidang tanah untuk hari ini kamis (19/8) mencapai Rp 7.989.664.245.”ungkapnya singkat”.(Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here