PRABUMULIH KritisIndonesia.com,- PT.Pertamina EP Zona 4 Prabumulih telah membina KWT (Kelompok Wanita Tani) Kemuning Kelurahan Patih Galung Kecamatan Prabumulih Barat, telah berhasil memanfaatan lahan sempit di sekitar rumah, dengan jumlah kelimpok 30 orang dan telah berhasil panen bawang organik.

Menurut Ketua KWT Tri Ningsih menjelaskan, krlompok wanita tani itu berkecimpung dalam bertanam sayur mayur yang setiap hari kita konsumsi untuk keluarga.”ucapnya.’

Mrngapa KWT tersebut harus dibentuk dan mengapa juga peran pemerintah harus membentu KWT, intinya banyak manfaatnya KWT di bentuk untuk membantu ekonomi keluarga yang pas-pasan dalam kehidupan sehari-hari.

Tujuan KWT tersebut adalah untuk mengelola lahan kosong atau lahan sempit di sekitar rumah kita masing-masing sehingga bermanfaat untuk menambah penghasilan keluarga.

Dan banyak jenis sayur-sayuran yang bisa kita tanam, seperti KWT Kemuning lebih kurang 10 jenis sayuran yang kita tanam diantaranya bayam,katu,kangkung,cabe dan yang terbaru kita tanam adalah bawang merah organik,

Kita tau bahwa bawang merah hanya tumbuh subur di daerah brebes jawa tengah. Sekarang kita telah mencoba untuk menanam bawang merah organik dengan bibit sebanyak 4 kg dan bisa menghasilkan dalam waktu dua bulan setenga menghasilkan 40 kg.”jelas Ibu Sri.”

Alhamdulih ini berkat kemitraan kita bersama Pertamina Prabumulih melalui Dana CSR nya, kita di bantu alat pertanian dan pelatihan-pelatihan cara mengelola dan membuat pupuk organik yang kita pakai.

Baru-baru ini kita mengundang Bapak Pj. Walikota Prabumulih Elman beserta mitra kita PT.Pertamina untuk panen bawang organik, alhamdulilah kita berhasil untuk mengembangkan tanaman bawang di Kota Prabumulih ini.

Yang jelas kelompok wanita tani kita akan merobah imet menjadikan Bawang Merah Prabumulih bukan hanya bawang brebes.”ungkap Ibu Sri Ningsih Ketua Kelompok Wanita Tani Kemuning.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here